-->

Bagaimana cara membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 7

Pada artikel sebelumnya sudah di jelaskan bahwa jaringan ad hoc adalah salah satu jenis jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Setiap node pada jaringan ad-hoc memiliki interface wireless. Node-node dalam jaringan ad hoc bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah. Di dalam jaringan ad hoc setiap node bukan hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan tersebut seperti router. Karena itu jaringan ad hoc memerlukan routing protokol yang digunakan. Baca juga Pengertian Jaringan Ad Hoc, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Ad Hoc


Langkah - langkah membuat jaringan Ad hoc

Pertama kali yang harus di perhatikan sebelum membuat jaringan Ad hoc adalah interface wireless pada komputer. Bagi yang menggunakan laptop/notebook keberadaan interface wireless sudah menjadi standard dan sudah terpasang secara built in. Namun bagi yang menggunakan komputer desktop umumnya tidak terdapat interface wireless dan harus di pasang sebagai perangkat tambahan. Berikut adalah langkah - langkah cara membuat jaringan ad hoc di windows 7 :

  • Pada start menu, klik Control Panel > Network and Sharing Center
  • Klik Manage wireless networks di sebelah kiri atas pada tampilan Network and Sharing Center
  • Klik Add untuk membuat jaringan ad hoc baru
  • Pada kotak dialog How do you want to add a network? klik pada Create an ad hoc network
  • Klik Next untuk memulai setup jaringan ad hoc
  • Pada tampilan windows berikutnya, isikan kolom yang di minta. Seperti Network name isi dengan nama jaringan ad hoc, Security type pilih tipe keamanan jaringan ad hoc yang digunakan, isi password yang digunakan untuk terhubung ke jaringan ad hoc jika pada security type memilih salah satu tipe security yang memerlukan password (WEP/WPA2-Personal


  • Centang pada bagian Save this network untuk menyimpan jaringan ad hoc yang akan dibuat, lalu klik Next
  • Tunggu hingga proses konfigurasi selesai, lalu klik Close dan jaringan ad hoc telah selesai dibuat
  • Untuk menghubungkan komputer/laptop ke jaringan ad hoc, klik icon network yang ada pada tray icon di windows 7 dan disitu akan terlihat jaringan ad hoc yang sebelumnya sudah dibuat, lalu klik Connect dan masukkan password yang sebelumnya sudah dibuat.

Sekian artikel tentang bagaimana cara membuat jaringan ad hoc di windows 7, semoga bermanfaat untuk teman - teman yang sedang belajar tentang jaringan ad hoc dan tutorial bagaimana cara membuat jaringan ad hoc di windows 7 juga dapat dilihat pada link channel youtube tutorial komputer di https://youtu.be/fKc7fIEtj1k.




Baca juga Pengertian Jaringan Ad Hoc, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Ad Hoc


LihatTutupKomentar