-->

Melakukan Backup Hardisk dan Partisi Menggunakan Bootable Acronis True Image

Jika pada artikel sebelumnya saya membuat tentang Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Acronis True Image, maka pada artikel ini kali akan di perlihatkan bagaimana cara melakukan backup hardisk dan partisi menggunakan bootable acronis true image yang sebelumnya sudah dibuat.

Bagi yang belum tahu, Acronis True Image adalah sebuah software dari acronis menyediakan proteksi data untuk personal user yang di dalamanya termasuk backup, arsip, akses dan recover untuk sistem operasi Microsoft, OSX,Ios dan Android. Acronis true image dapat melakukan restore image yang sebelumnya sudah dibuat ke hardisk yang berbeda, mereplikasi struktur dan konten yang ada dilamanya ke hardisk yang baru, juga dapat melakukan cloning pada hardisk dan melakukan resize partisi walaupun hardisk yang baru memiliki kapasitas yang berbeda. Format file backup yang digunakan acronis true image adalah .tib dan itu merupakan proprietary format yang hanya acronis true image dapat menggunakannya.

Baca Juga


BACKUP DISK DAN PARTISI

  • Pasang bootable usb flashdisk Acronis True Image, lalu restart komputer dan booting melalui usb acronis true image
  • Pada tampilan acronis true image yang muncul pilih Acronis True Image, lalu masuk ke menu Backup dan klik Disk and Partition Backup pada bagian Disk backup

  • Berikutnya pada tampilan Backup Wizard akan terlihat semua hardisk dan juga partisi yang ada di dalamnya pada komputer, Centang Disk dan partisi komputer yang ingin kita backup. Sebagai contoh saya ingin membuat backup / image dari drive C (Drive OS) komputer.

  • Lalu berikutnya pada tampilan Target backup archive, pilih Create new backup archive dan klik Browse dan beri nama file dan tentukan dimana kita akan menyimpan file backup / image, lalu klik OK. Pada contoh saya menyimpan file backup / image di drive E komputer dengan nama Backup_Drive_C.

  • Klik Next lalu Klik Proceed untuk memulai proses backup / image.

  • Tunggu hingga proses backup / image selesai, lalu klik OK


Close acronis true image lalu booting ke komputer dan cek apakah file backup / image berhasil dibuat :).

LihatTutupKomentar