-->

Cara Mengganti Font di Android 10

Apakah smartphone android Sobat sudah memakai sistem operasi terbaru atau Android 10? Jika iya, maka ada satu fitur yang harus Sobat coba yakni mengganti font di smartphone Sobat. Jika Sobat tertarik, berikut cara mengganti font di android 10 agar smartphone Sobat semakin oke.

Jangan khawatir, meski jumlah font yang bisa Sobat gunakan melalui cara ini terbatas, Sobat tidak perlu repot-repot melakukan root untuk smartphone Sobat. Sobat hanya perlu mengikuti langkahnya saja. Namun, tidak semua brand membuka fitur ini meski menjadi fitur standar Android 10.


1. Aktifkan Developer Option
Cara mengganti font di Android 10 yang pertama adalah dengan mengaktifkan Developer Option. Cara ini cukup mudah, untuk kamu yang sering mengoprek atau melakukan kustomisasi pada smartphone android pasti mengerti. Untuk kamu yang belum mengerti caranya, ikuti langkahnya.

Buka Setting, kemudian pilih About Phone, kemudian tap/tekan Menu Build berkali kali atau setidaknya tujuh kali hingga muncul pesan bahwa Sobat adalah seorang Developer atau pengembang apliasi android. Selanjutnya Sobat hanya perlu mencari menu untuk mengganti font Sobat.

2. Cari Menu Font


Langkah yang kedua adalah mencari dimana letak Menu Font smartphone Sobat adalah dengan menuju System, kemudian Advance, lalu menuju ke Developer Option. Disini Sobat akan menemukan sebuah menu Theme dimana bisa mengganti font yang digunakan dalam smartphone.

3. Ubah Font


Selanjtnya setelah sobat menemukan menu Theme, cari pilihan menu dengan nama Headline / Body Font. Disinilah Sobat bisa mengganti font dengan beberapa jenis font yang tersedia. Nah, ada dua pilihan di menu tersebut Device Default yakni font standar atau Noto Serif / Source Sans Pro.
Ya, umumnya hanya terdapat dua pilihan font tersebut saja, namun setidaknya bisa memberikan tampilan berbeda untuk smartphone Sobat apalagi font kedua atau Noto Serif dan Source Sans Pro ini terlihat lebih modern.

4. Cara Lainnya
Meskipun demikian, ada beberapa kustomisasi ROM Android 10 atau bahkan dibawahnya yang sudah memiliki fitur untuk berganti font. Salah satunya adalah Samsung yang juga bahkan memungkinkan untuk mengunduh font baru di toko temanya sehingga semakin cantik tampilannya.

Pilihan lain apabila Sobat ingin tetap mengganti tema font dengan pilihan jenis font yang lain, Sobat bisa melakukan root atau dengan mengganti custom rom yang mana memungkinkan Sobat untuk dapat melakukan modifikasi font tersebut. Dengan root memang semuanya bisa dilakukan.

Hanya saja Sobat juga perlu berhati-hati, karena salah memilih font bisa berakibat fatal seperti kesulitan membanca atau tidak muncul tulisan dalam smartphone atau bahkan bootloop sehingga harus melakukan penginstalan ulang,

Itulah cara mengganti font di android 10. Sangat mudah bukan? Jika kamu kurang puas, kamu bisa melakukan root agar dapat semakin leluasa dalam memodifikasi smartphonemu.

LihatTutupKomentar