-->

Cara Mengirim Pesan Whatsapp Via Google Assistant


Smartphone Android sudah memiliki asisten digital dari Google yakni Google Assistant meskipun banyak pabrikan yang membuat asisten digital berbeda seperti Bixby dari Samsung. Asisten digital ini sangat membantu seperti dapat mengirim pesan whatsapp via Google Assistant.

Fitur ini sangat bermanfaat terlebih ketika Sobat sedang tidak bisa menggunakan kedua tangan Sobat seperti saat makan atau saat tangan kotor sehiingga tidak bisa menyentuh smartphone terutama di bagian layarnya. Lalu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya untuk Sobat.

1. Unduh dan Pastikan Google Assistant Berfungsi

Pastikan Google Assistant berfungsi dengan baik

Langkah pertama untuk cara mengirim pesan Whatsapp via Google Asssistant adalah Sobat harus memiliki aplikasinya dengan cara mengunduhnya dari Playstore atau mengaktifkan aplikasinya apabila sudah terinstall. Kemudian langkah selanjutnya pastikan Google Assistant berfungsi.

Akan ada beberapa ijin yang dibutuhkan untuk mengaktifkan Google Assistant ini seperti akses ke mikrofon dan sebagainya. Berikan semua ijin kemudian cari pergantian bahasa menuju ke Bahasa Indonesia pada setting agar memudahkan melakukan perintah suara yang Sobat Berikan.

2. Pahami Perintahnya atau Gunakan Perintah Standar

Selanjutnya, pahami ucapan untuk mengaktifkan Google Assistant yakni dengan cara mengatakan OK Google, akan ada uji coba untuk pengucapan Ok Google ini sehingga lebih fasih dalam pengucapannya. Selain itu, selanjutnya Sobat bisa berlatih untuk mengatakan perintah.

Sebelum melakukan perintah pengiriman pesan Whatsapp, cobalah dulu untuk meminta perintah "Bagaimana cuaca hari ini" apabila Google dapat mengerti perintah Sobat, artinya Sobat bisa mencoba untuk mengirim pesan Whatsapp via Google Assistant.

3. Buat Pesan Whatsapp nya

Buat pesan Whatsapp menggunakan Google Assistant

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat pesannya. Cara membuat pesannya adalah dengan mengucapkan panggilan OK Google kemudian berikan pesan "Kirim pesan Whatsapp ke (nama kontak)." Kemudian Google akan menanyakan pesan apa yang akan Sobat kirim.

Katakan pesan yang akan Sobat kirimkan kemudian Google akan bertanya apakah Sobat akan jadi mengirimkan pesan tersebut atau tidak. Apabila iya maka pesan akan dikirim ke target. Hanya saja Sobat perlu memperhatikan nama target karena seringkali tidak tertangkap namanya.

4. Fungsi Lain Google Asssistant

Selain untuk mengirim pesan whatsapp, ada berbagai fungsi lainnya yang bisa dilakukan oleh Google Assistant. Mulai dari mengecek cuaca, menyetel musik, mencari lokasi restoran atau tujuan lainnya di Google Map hingga mengirimkan email, sms dan juga bahkan melakukan telepon.

Bahkan di beberapa negara, melalui Google Assistant dan Whatsapp, kita bisa memesan tiket pesawat. Hanya saja masih terbatas untuk penerbangan tertentu. Namun, semoga saja fitur ini bisa dikembangkan dan kita di Indonesia bisa juga merasakan kecanggihan asisten digital.

Itulah cara bagaimana mengirim pesan Whatsapp via Google Assistant yang semoga saja bisa membantu kegiatan Sobat sehari-hari. Selamat mencoba dan memanfaatkan kecanggihan teknologi abad 21

LihatTutupKomentar